25.1.12

TIPS BAGAIMANA MEMILIH RUMAH MODEL MINIMALIS


Jika anda sudah atau akan melihat beragam rumah baru yang ditawarkan dengan model rumah minimalis dari penjual rumah baru, mungkin anda akan bertanya. Apakah harus memilih rumah yang atapnya berbahan beton atau genteng? Atau pilih yang banyak jendela kacanya, dengan bukaan relatif besar tanpa konsul / pelindung pintu atau jendela dan beragam pertanyaan lain sebelum beli rumah baru.
Menurut Bambang Eryudhawan, Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) DKI Jakarta, model minimalis yang baik adalah yang sesuai dengan iklim tropis. Gaya minimalis boleh tetapi tetap punya atap, karena iklim tropis di Indonesia memiliki curah hujan dan kelembaban udara yang cukup tinggi. Selain itu dalam memilih jangan hanya terpikat pada keindahan bentuk fasad atau tampak depannya saja .
Yang terpenting dicermati adalah lay-out ruangnya, apakah sesuai dengan iklim Indonesia atau tidak. Secantik-cantiknya fasad rumah baru minimalis, kalau layout-nya tidak cocok dengan kebutuhan, jangan dipaksakan untuk memilihnya. Belilah rumah baru dari penjual yang bisa diubah atau diredesain lay out ruanganya.
Yang ideal ruang-ruangnya fungsional, hubungan antar-ruang terkoordinasi dengan baik, udara bisa mengalir lancar ke dalam rumah, begitu pula sinar matahari sebagai pencahayaan alami. Jadi, keberadaan bukaan dan ventilasi udara penting pada rumah minimalis.
Selain itu kalau saat hujan, rumah tidak tampias atau bocor, pada musim kemarau rumah tidak panas. Pastikan juga dinding rumah tidak banyak terkena sinar matahari langsung. Pasalnya, menurut Imelda Akmal, Principal Imelda Akmal Architecture Writer, dinding tembok menyerap panas pada siang hari, dan dilepas pada malam hari. Karena itu rumah yang temboknya banyak terkena sinar matahari langsung, terasa panas pada siang dan malam hari.
Sedikit ulasan ini semoga menambah khasanah anda dalam memilih rumah baru modelminimalis sebagai tempat tinggal bagi anda dan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar